Loading...
Lihat Inovasi Lain


SI RATU ( SISTEM INFORMASI LABORATORIUM MUTU)

DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG

RANCANG BANGUN SIRATU ( SISTEM INFORMASI LABORATORIUM MUTU ) DIGITALISASI PELAYANAN PENGUJIAN MUTU HASIL PEKERJAAN KONSTRUKSI BERBASIS WEBSITE DI DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN KENDAL I. DASAR HUKUM Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi II. PERMASALAHAN 1. Publikasi Informasi Proses Layanan Pengujan Mutu di Laboratorium Kabupaten Kendal masih konvensional dalam bentuk Barner di DPUPR Kab. Kendal sehingga belum bisa diakses oleh public dan berdampak pada kurang pahamnya masyarakat dalam mendapatkan layanan Pengujian Mutu Konstruksi di Kabupaten Kendal. 2. Informasi layanan Laboratorium Pengendalian Mutu konstruksi belum optimal sehingga masih ada Masyarakat pengguna layanan Laboratorium Mutu Konstruksi yang belum bisa mengakses informasi tentang layanan Laboratorium Mutu Konstruksi dan itu sangat dibutuhkan oleh pengguna layanan Pengujian Mutu. III. ISU STRATEGIS Isu strategi yang dihadapai terkait dengan digitalisasi dan efisiensi layanan di sektor pelayanan Laboratorium Pengendalian Mutu Konstruksi yang mana permohonan uji mutu, penyampaian Laporan Hasil Uji (LHU) serta penyampaian pengujian mutu semua masih dilakukan menggunakan metode konvensional/manual. IV. Beberapa hal yang menjadi perhatian yaitu : 1. kurangnya efisiensi dan standarisasi proses yang mana akan memperlambat kegiatan konstruksi. 2. hasil pengujian yang tidak terdokumentasikan secara digital dapat mempersulit proses audit, verifikasi dan evaluasi sehingga risiko penyalahgunaan atau ketidaksesuaian hasil uji mutu menjadi lebih tinggi. 3. Keterbatasan aksesibitas dan konektivitas data dikarenakan ridak adanya platform digital yang menghubungkan laboratorium uji mutu dengan dinas terkait serta pelaku industri konstruksi yang mana dapat menghambat upaya peningkatan daya saing infrastruktur dalam skala global. V. METODE PEMBAHARUAN • Kondisi sebelum adanya aplikasi : Pengguna layanan pengujian mutu masih kesulitan mendapatkan informasi tentang layanan pengujian yang meliputi proses alur layanan pengajuan uji mutu, biaya pengujian dan proses pembayarannya. Pengguna layanan lebih sering bertanya lewat media Whatsapp dan seringkai datang langsung ke Dinas PUPR Kab. Kendal untuk melakukan permohonan uji mutu dan mengambil Laporan Hasil Uji ( LHU ) dan proses pembayaran harus dilakukan melalui Bank BPD ke rekening PAD Sewa Alat Laboratorium • Kondisi setelah adanya aplikasi : Adanya Informasi yang jelas tentang Layanan Uji Mutu Kontruksi pada Masyarakat yang berbasis Website agar pengguna layanan dapat dengan mudah mengakses informasi tentang layanan pengujian yang meliputi proses alur layanan pengajuan uji mutu, biaya pengujian, proses pembayaran dan Penyerahan Pelayanan permohonan uji mutu bisa dilakukan secara online berbasis Website, Laporan Hasil Uji (LHU) dapat diserahkan ke pemohon melaui email dan Whatsapp. VI. KEUNGGULAN/KEBAHARUAN Sistem Informasi Laboratorium Mutu ( SIRATU ) merupakan suatu upaya dalam penyelesaian Permasalahan Pelayanan Pengujian Mutu Konstruksi di DPUPR Kabupaten Kendal dengan menggunakan teknologi informasi yang terintegrasi dengan jaringan komputer atau website sehingga dapat diakses dengan cepat, akurat, tepat sehingga menghasilkan Pelayanan Pengujian Mutu Konstruksi yang efektif , efisien dan akuntabel. SIRATU akan memenuhi segala kebutuhan tentang Pelayanan Pengujian Mutu Konstruksi meliputi Jenis Pengujian , Informasi Tarif sewa alat pengujian , Permohonan Pengujian ,mekanisme pembayaran dan penyampaian hasil uji soft file. VII. CARA KERJA INOVASI 1. Melakukan permohonan pengujian dengan klik ajukan pengujian kemudian mengisi form yang telah disediakan pada aplikasi 2. Pengguna dapat menampilkan jenis dan biaya layanan laboratorium mutu 3. Pengguna dapat menampilkan maklumat pelayanan di DPUPR Kabupaten Kendal 4. Pengguna dapat menampilkan alur layanan pengujian 5. Pengguna dapat menampilkan pembayaran hasil uji (pembayaran sewa alat laboratorium sebagai syarat pengambilan hasil uji) 6. Untuk perbaikan layanan sebagai monitoring dan evaluasi sistem informasi ini disesiakan ruang public untuk bisa memberikan feed back terhadap layanan laboratorium mutu 7. Pengguna dapat mengetahui apakah laporan hasil uji sudah terbit atau belum, maka pemohon bisa menggunakan sub menu lacak hasil uji VIII. TUJUAN 1. Tersedianya Sistem Informasi Laboratorium Mutu ( SIRATU ) yang merupakan Digitalisasi Pelayanan Pengujian Mutu Hasil Pekerjaan berbasis Website di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kendal 2. Terwujudnya kinerja dan pelayanan yang prima kepada Masyarakat oleh Dinas PUPR Kabupaten Kendal dengan pemanfaatan Sistem Informasi Laboratorium Mutu (SIRATU) IX. MANFAAT 1. Pelayanan Pengujian Mutu menjadi lebih cepat, lebih mudah serta meningkatkan efisiensi waktu dengan menggunakan teknologi informasi berbasis Website 2. Mempermudah dan mempercepat dalam Permohonan dan layanan Pengujian sebagai wujud pelayan prima kepada Masyarakat pengguna layanan Uji mutu Konstruksi
terwujudnya Sistem Informasi berbasis Website Kepada Masyarakat yang memerlukan Layanan Pengujian Mutu yang Mudah, efektif dan efisien sehingga pelayanan yang akuntanbilitas di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kendal dapat terwujud.
1. Pelayanan Pengujian Mutu menjadi lebih cepat, lebih mudah serta meningkatkan efisiensi waktu dengan menggunakan teknologi informasi berbasis Website 2. Mempermudah dan mempercepat dalam Permohonan dan layanan Pengujian sebagai wujud pelayan prima kepada Masyarakat pengguna layanan Uji mutu Konstruksi
SIRATU (Sistem Informasi Laboratorium Mutu ) Digitalisasi Pelayanan Pengujian Mutu Hasil Pekerjaan berbasis Website di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kendal