Loading...
Lihat Inovasi Lain


SPEK ANDAL (Strategi Peningkatan Kapasitas Melalui Perluasan Program Layanan Pendidikan Nonformal) Pada 3 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Di Kabupaten Kendal

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Peran PKBM sebagai pusat kegiatan pendidikan non formal di Kab.Kendal selama ini belum optimal. Pada umumnya PKBM hanya berfokus pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan saja. Padahal PKBM dapat menyelenggarakan bebrbagai program pendidikan non formal lainnya diantaranya : pendidikan kesetaraan (A,B dan C), pendidikan keaksaraan, pendidikan anak usia dini, pemeberdayaan perempuan, kepemudaan dan life skill lainnya. Oleh karena itu, PKBM terutama bagi yang menyelenggarakan program paket C harus di dorong untuk melaksanakan perluasan program life skill sehingga lulusannya selain mendapatkan legalitas formal berupa ijazah juga mendapatkan tambahan bekal keterampilan untuk memasuki dunia kerja maupun bekal untuk berwirausaha.
Untuk meningkatkan kapasitas layanan Pusat Kegiatan Belajara Masyarakat (PKBM) melalui bernagai layanan program pendidikan nonformal.
1. Manfaat bagi Stakeholder Pentahelix Manfaat yang di dapatkan dalam Aksi Perubahan Kinerja Pelayanan Publik SPEK ANDAL : Strategi Peningkatan Kapasitas Melalui Perluasan Program Layanan Pendidikan Nonformal pada 3 (tiga) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Kendal bagi unsur Penthahelix adalah : 1) Pemerintahdan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kendal a) Tercapainya visi Pemerintah Kabupaten Kendal untuk mewujudkan Kendal Unggull; b) Meningkatkan prosentase tenaga kerja terampil di Kabupaten Kendal; c) Menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Kendal. d) Meningkatkan nilai tawar pendidikan nonformal di masyarakat; e) Meningkatkan Harapan Lama Sekolah dan Rata-Rata Lama Sekolah di Kabupaten Kendal; f) Menurunkan Angka Putus Sekolah dan Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Kendal; 2) Dunia Usaha dan Dunia Industri a) Tersedia tenaga kerja terampil yang dibutuhkan oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri; b) Menghemat biaya pelatihan kerja; 3) Masyarakat a) Meningkatkan hasil ekonomi masyarakat; b) Mendapatkan ilmu serta pengetahuan baru. 4) Media Pers a) Dapatmemberikaninspirasi, mengedukasi dan pencerahan tentang kontribusi pendidikan nonformal bagi masyarakat; tentang optimalisasi Kabupaten Kendal; b) Dapat membantu mempromosikan peran pendidikan nonformal kepada masyarakat. 5) Akademisi a) Dapat digunakansebagai tempat pelatihan dan tempat praktek untuk pelatihan; b) Sebagai bahan penelitian dan pengembangan program pendidikan vokasi; 2. Nilai Tambah (Keekonomian) yang didapatkan dari Aksi Perubahan Nilai tambah yang di dapatkan dari Aksi Perubahan adalah efisiendi dari Peserta Disik atau Warga belajar yang tidak harus mengeluarkan biaya untuk menambah keterampilan di luar (kursus).
Dengan telah terealisasinya aksi perubahan kualitas pelayanan publik “SPEK ANDAL : Strategi peningkatan kapasitas melalui perluasan program layanan pendidikan nonformal pada 3 (tiga) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Kendal” sebagai output kinerja kunci dari milestone jangka pendek, dapat menjawab dan mengatasi permasalahan atau isu strategis Peran PKBM sebagai Pusat Kegiatan Pendidikan Nonformal yang belum optimal. Inovasi dilaksanakan dengan jalan memberikan tambahan keterampilan kepada peserta didik pendidikan kesetaraan pada 3 (tiga) PKBM yaitu Kererampilan Membatik di PKBM Guyub Rukun Kecamatan Singorojo; Keterampilan Barista di PKBM Bina Warga Kecamatan Pegandon dan Keterampilan membuat olahan jambu di PKBM Mekar Kecamatan Sukorejo.